Pecangakan Siap Dinilai Propinsi

003

Comal  Reportase) – Desa Pecangakan kecamatan Comal kabupaten Pemalang menjadi desa terakhir yang dinilai dan dievaluasi Oleh Tim penilai dari kabupaten Pemalang dalam lomba Lingkungan Bersih Sehat (LBS) Jumat (5/12).  Tim Penilai yang dipimpin oleh Kholidin SH,MH didampingi Camat Comal Slamet Suwito tiba di desa Pecangakan Comal disambut oleh Kepala Desa Pecangakan Edi beserta Perangkat, Tim Penggerak PKK beserta Kader, lembaga desa dan tokoh masyarakat desa Pecangakan.

Tim penilai dan evaluasi LBS Kholidin SH,MH menyampaikan bahwa dalam lomba LBS tersebut ada 6 desa yang mewakili kecamatan masing-masing untuk dinilai dan dievaluasi yaitu desa Kecepit kecamatan Randudongkal, desa Karangdawa kecamatan Warungpring, desa Gunungjaya kecamatan Belik, desa Temuireng kecamatan Petarukan, desa Kemuning kecamatan Ampelgading dan desa Pecangakan kecamatan Comal.

Dalam sambutannya Kholidin menyampaikan bahwa setelah mengadakan evaluasi dari ke enam desa yang mengikuti lomba, desa Pecangakan mempunyai harapan besar untuk dinilai dan dievaluasi oleh Tim dari Propinsi Jawa Tengah. Dijelaskan lebih lanjut bahwa dari hasil rekapitulasi nilai enam desa tersebut, akan ditentukan terbaik pertama, kedua dan ketiga. Adapun terbaik pertama yang akan disampaikan ke Bagian Lingkungan Hidup dan Tim Penggerak PKK tingkat Propinsi Jawa Tengah untuk dilakukan penilaian dan evaluasi. Berdasarkan data bahwa pada tahun 2014 penilan LBS di tingkat Propinsi diwakili oleh Kelurahan Mulyoharjo Pemalang, dan berhasil menjadi peringkat terbaik ketiga tingkat Propinsi Jawa Tengah. Harapannya pada tahun 2015, lomba lingkungan bersih sehat ini Pemalang bisa menjadi yang terbaik lagi, dan hal tersebut terjadi di desa Pecangakan kecamatan Comal Pemalang.

Dalam kesempatan yang sama, camat Comal Slamet Suwito memberikan apresiasi yang tinggi terhadap warga desa Pecangakan yang sudah peduli mengenai lingkungan yang bersih dan sehat. Disampaikan juga bahwa  di desa Pecangakan sudah ada pelopor dalam pembuatan pupuk organik, yaitu pemanfaatan limbah yang ada dilingkungan desa yang dikelola oleh KWT (Kelompok Wanita Tani) desa Pecangakan. Harapan camat Comal bahwa desa pecangkan yang memang sudah menerapkan pola hidup yang bersih dan sehat, dapat menjadi wakil kabupaten Pemalang untuk dievaluasi oleh Tim penilai dari Tingkat Propinsi Jawa Tengah.

Sementara itu Ketua Tim Penggerak PKK desa Pecangakan Khikmah, menjelaskan bahwa dalam penilaian lomba LBS tersebut mencakup kebersihan lingkungan, pangan, papan, keluarga berencana beserta administrasinya. Khikmah juga menjelaskan bahwa tim penilai setelah mengadakan evaluasi ke sasaran lomba memberikan apresiasi terhadap warga desa Pecangakan yang sudah terbiasa dengan pola lingkungan yang bersih dan sehat.

“Tim penilai tadi merasa puas dan senang melihat rumah rumah bersih dan sehat yang dikunjungi,” ujar Khikmah bangga.

Ditambahkan pula bahwa gerakan lingkungan bersih dan sehat di desa Pecangakan memang sudah dilaksanakan dari dulu. Tim Penggerak PKK desa bersama kader sudah membudayakan Lingkungan bersih dan sehat. Sudah banyak warga yang memiliki tanaman obat keluarga (toga), memelihara kebersihan lingkungan rumah masing-masing.

“Ada atau tidak ada penilaian lomba LBS, warga desa Pecangakan sudah terbiasa dengan lingkungan yang bersih dan sehat,”imbuhnya.

Dijelaskan juga bahwa Tim Penggerak PKK desa Pecangakan siap apabila diberi amanat untuk mewakili kabupaten Pemalang dalam lomba LBS tingkat propinsi Jawa Tengah.(hp)

Pos ini dipublikasikan di daerah, Pemalang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s