1 ORANG KORBAN KAPAL TENGGELAM DI RUSIA WARGA PEMALANG

 

Pemalang (Reportase) – Salah satu ABK kapal Oryong 501 berbendera Korea yang tenggelam di laut lepas Bering Rusia beberapa waktu lalu adalah seorang pemuda bernama Barjo bin Kurdi (31) warga Kabupaten Pemalang. Barjo yang masih tinggal bersama kedua orang tua dan adik-adiknya di dukuh Ujungkumpul Rt.03/Rw.06 desa Limbangan kecamatan Ulujami kabupaten Pemalang dikabarkan ikut menjadi korban tenggelam, setelah ayahnya Kurdi (66) mendapat telepon dari Golden Marine, salah satu penyalur tenaga kerja yang bekerja sama dengan Mitra Samudra Cakti, Jakarta Pusat dimana Barjo terdaftar resmi sebagai ABK kapal Oryong 501. Saat itu (Selasa,2/12) Kurdi mendapat telepon yang mengabarkan bahwa kapal dimana Barjo bekerja tenggelam di laut lepas Rusia. Pihak Golden Marine meminta orang tua Barjo untuk datang ke Jakarta guna pengecekan kebenaran data-data yang dimilki Barjo. Selang sehari kemudian, pada hari kamis siang, Ayahnya (Kurdi) kembali mendapat telepon yang mengabarkan bahwa telah ditemukan 11 jenazah yang kemungkinan salah satu jenasah tersebut adalah Barjo. Pihak keluarga merasa terpukul dengan kabar yang tidak diduga sebelumnya tersebut.

Keluarga korban pada saat disambangi oleh beberapa media di rumah duka, tampak masih menyimpan duka yang amat dalam. Kurdi sang ayah pada saat menceritakan bagaimana keluarga sampai mengetahui bahwa Barjo ikut menjadi korban, sesekali mengusap matanya yang berurai air mata. Bahkan sang ibu, Daskiyah (65) hanya mampu menangis meratapi nasib anaknya.

Kurdi menceritakan bahwa anaknya tersebut (Barjo) dari kecil memang sudah kelihatan sebagai anak yang rajin. Selalu saja mengerjakan apapun yang bisa dikerjakannya. Barjo yang hanya mengenyam pendidikan sampai tingkat sekolah dasar (SD) pun mulai ikut rekan-rekannya bekerja menjadi ABK dan berlayar mulai tahun 2006.

“Pada awalnya Barjo mengikuti kapal lokal yang mencari ikan diperairan laut Bali. Kemudian mengikuti kapal Taiwan sampai bertahun-tahun lamanya,” jelas Kurdi.

Ditambahkan juga bahwa Barjo sempat pulang kerumah pada bulan Agustus 2014 selama 3 hari, sebelum dirinya pergi lagi untuk berlayar dengan kapal barunya, yaitu kapal milik Korea.

Menurut Kudi setelah Barjo berangkat ke Jakarta, dirinnya sempat ditelepon oleh anaknya sebanyak dua kali yaitu saat mau terbang ke Korea dan pada saat mau berlayar.

“Anak saya sempat menghubungi saya lewat telepon mas, katanya Pak, aku mau terbang,” jelas Kurdi sambil menirukan anaknya telepon.

Diceritakan oleh amanah (25) adik kandung Barjo, bahwa kakanya tersebut adalah anak yang baik, pendiam dan suka bekerja, juga gemar berolah raga.

“Kakak saya kalau dirumah hobinya main sepak bola mas,”tutur Amanah sambil membolak balik album foto milik kakaknya.

Kakak dan adik serta kedua orang tua Barjo sangat sedih dengan kejadian tersebut. Selain anak tersebut rajin, menurut kepada orangtua, sayang sama saudara-saudaranya, barjo juga sebagai tulang punggung keluarga pada saat ini.

Sementara itu Camat Ulujami Purjanto didampingi kepala desa Limbangan Siswoyo juga sempat mengunjungi rumah duka untuk menyampaikan rasa dukanya atas nama pemerintah kabupaten Pemalang. Kepada Rakyat Jateng Purjanto menyampaikan bahwa dirinya ikut sedih karena barjo adalah salah satu putra terbaik di Ulujami.

“Dia adalah salah satu putra daerah Ulujami yang terbaik, saya merasa ikut kehilangan. Tapi saya juga bangga, bahwa seorang Barjo yang hanya lulusan SD bisa bekerja sampai ke luar negeri, mengurus surat-surat, administrasi, sehingga dia menjadi tenaga kerja yang legal,” terangnya.

Pihak keluarga berharap kepada pemerintah apabila benar barjo menjadi korban yang meninggal dunia, jenasahnya bisa dipulangkan ke Indonesia untuk dimakamkan di desanya. (hp)

Pos ini dipublikasikan di daerah, Pemalang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s