Polres Pemalang Gelar Operasi Zebra Candi 2014

DSC_4369

Pemalang (Reportase) – Untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalulintas di jalan raya, meminimalisasi pelanggaran dan kecelakaan lalulintas, belum lama ini Polres Pemalang melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Zebra Candi 2014 , Rabu (26/11) di halaman Mapolres Pemalang.  Gelar pasukan yang dimulai pada pukul 08.00 wib tersebut dipimpin langsung  Kapolres Pemalang AKBP Dedi Wiratmo, S.I.K. dengan diikuti para Kabag, Kasat, perwira dan jajaran anggota polres Pemalang, juga dari jajaran Kodim 0711 Pemalang dan Dinas Perhubungan (Dishub).

Pelaksanaan Operasi  terpusat dengan sandi Operasi Zebra Candi 2014 tersebut dilaksanakan secara serentak mulai tanggal 26 Nopember 2014 selama 14 (empat belas) hari dengan sasaran prioritas  diantaranya adalah melawan arus lalu lintas khususnya kendaraan roda dua, kendaraan yang menggunakan rotator atau sirine yang bukan peruntukkannya, nomor kendaraan yang yang tidak sesuai dengan aturan, aksi geng motor/balap liar, kendaraan bak terbuka bukan untuk memuat orang, pengemudi di bawah umur, angkutan umum tidak layak pakai, menaikkan serta menurunkan penumpang tidak pada tempatnya, kendaraan bus/truk kelebihan muatan baik orang/barang.

Adapun tujuan operasi Zebra Candi 2014 untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalulintas di jalan raya, meminimalisasi pelanggaran dan kecelakaan lalulintas, meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalulintas di jalan raya, meminimalisasi pelanggaran dan lakalantas, menurunnya tingkat fatalitas korban lakalantas, meningkatnya peran aktif masyarakat sbg pelopor keselamatan berlalulintas dan menjadikan   keselamatan sebagai kebutuhan, meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap polri, dengan terbentuknya opini positif dan citra tertib berlalulintas dan terwujudnya situasi kamseltibcarlantas menjelang perayaan natal  2014 dan tahun baru  1 januari 2015.

Dalam sambutannya Kapolres Pemalang AKBP Dedi Wiratmo, S.I.K., menekankan para anggota yang di lapangan tetap mengedepankan prinsip keselamatan dan keamanan, khususnya pada saat melakukan penegakkan hukum terhadap pelanggar lalulintas dengan berpedoman pada standar operasional prosedur yang telah di tetapkan guna mengoptimalkan Ops Zebra Candi 2014. Kepada  para anggota juga diingatkan agar mempersiapkan mental dan fisik dengan di landasi komitmen moral, disiplin kerja yang tinggi dan waspada serta bertindaklah secara tegas namun humanis terhadap setiap pelanggaran hukum yang berpotensi menimbulkan gangguan kamseltibcarlantas.

Sementara itu Kapolres Pemalang melalui Kabag Ops Kompol Djumirin  dalam latihan pra operasi Zebra Candi 2014 menyampaikan bahwa dengan Operasi tersebut di harapkan kepada masyarakat supaya taat aturan hukum, menghindari sekecil apapun pelanggaran lalulintas, yang berpotensi dapat menimbulkan lakalantas.

Diperoleh informasi berdasarkan data analisa dan evaluasi Ops Zebra Candi 2013 tingkat Polda Jateng menunjukkan bahwa jumlah Lakalantas ada 508 kejadian (meninggal dunia 36, luka berat 55, luka ringan  656, asuransi kematian  Rp. 536.252.800. Sedangkan untuk pelanggaran tercatat ada 156.913 (tilang 101.502, teguran 55,411).

Sementara itu Operasi mandiri Polda Jateng dengan sandi Ops Comal 2 Candi 2014 telah berakhir beberapa waktu yang lalu. Operasi tersebut dilaksanakan selama 15 hari dari tanggal 10 s/d 24 Nopember 2014 dengan sasaran operasi  kelancaran arus lalulintas menghindari kemacetan dan antrian kendaraan selama perbaikan jembatan Comal yang di fungsikan hanya satu jalur. (hp)

Pos ini dipublikasikan di daerah, Pemalang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s