PRESTASI DIBALIK PENYERGAPAN *)Kapolres : Akan Ada Penghargaan

SAM_0102

Kapolres Pemalang sedang memberikan brifing kepada anggota sesaat setelah penyergapan (foto : Reportase)

Pemalang (Reportase) Keberhasilan Polres Pemalang dalam menghentikan tindak kejahatan yang dilakukan oleh sekelompok perampok lintas propinsi patut mendapat apresiasi yang tinggi (Reportase, 30/10). Keberhasilan tersebut tidak lepas dari koordinasi jajaran polres Pemalang baik dari pimpinan, jajaran polsek, anggota satlantas serta peran serta masyarakat.

Tidak berlebihan juga apabila apresiasi yang diberikan tersebut ditujukan kepada anggota Sat Lantas Polres Pemalang yangpada saat kejadian sedang melaksanakan tugas pengamanan jembatan Comal yang sedang dalam proses perbaikan.

Adalah Briptu Reza, Briptu Rudi dan Brigadir Himawan serta 6 anggota satlantas lainnya sedang melakukan tugas pengamanan jembatan Comal. Briptu Reza menuturkan kronologi awal proses pengintaian, pengejaran dan penyergapan. Bermula dari informasi pesawat radio polisi yang menyampaikan bahwa ada beberapa orang pelaku tindak kejahatan curas dengan menggunakan mobil meleati jalan pantura comal. Briptu Rudi yang pada saat itu bertugas di pos pengamanan Klenteng Comal, langsung melakukan pengintaian dan pengamatan. Ketika dijumpai mobil dengan nopol dan ciri-ciri dimaksud memasuki jembatan Comal, Briptu Rudi langsung berkoordinasi dengan Brigadir Himawan dan Briptu Reza yang berada di pos pengamanan Jatirejo (sebelat barat jembatan Comal-red). Begitu mobil yang dimaksud mendekati pos pengamanan Jatirejo, Brigadir Himawan dan Briptu Reza berusaha menghentikan mobil tersebut dengan memberikan aba-aba agar mobil menepi dan berhenti. Mobilpun berhenti tidak jauh dari pos. Reza juga menyampaikan bahwa dirinya bersama Brigadir Himawan bertindak sangat hati-hati,karena menurut informasi keloimpok tersebut membawa senjata api.

Pada saat kedua petugas tersebut menghampiri sang sopir yang sempat keluar dari mobil, tiba-tiba sang sopir masik kembali ke dalam mobil dan melajukan kendaraannya dengan kecepatan tinggi berusdaha melarikan diri. Melihat situasi tersebut anggota satlantas yang lain menghubungi mapolsek Ampelgading untuk dilkakukan penghadangan.

Diceritakan oleh Briptu Reza, bahwa pada saat tersebut suasana benar-benar diluar kendali.Intruksi yang disampaikan melalui pesawat radio terdengar tumpang tindih. Namun demikian Briptu Reza, Briptu Rudi dan Brigade Himawan tetap melakukan pengejaran terhadap pelaku.

“Instruksi awal memang dilakukan pengejaran, maka kami tetap melaksanakan perintah, tentunya dengan pertimbangan yang cermat, mengingat pelaku diduga membawa senjata api,” teranmg Reza.

Dijelaskan juga bahwa semua anggota satlantas yang pada saat kejadian berada di pos pengamanan jembatan Comal, langsung melakukan pengejaran dan penyergapan.

Aksi pengejaran berhenti saat mobil pelaku terhenti oleh barikade yang dilakukan polsek Ampelgading, yaitu tepat di depan gerbang SMK Negeri Ampelgading sebelah Timur Mapolsek Ampelgading.

Keempat pelaku yang berusaha melarikan diri tersebut langsung disergap anggota satlantas bersama anggota polsek Ampelgading. Tiga dari pelaku berhasil diamankan,sedang satu orang pelaku yang diduga membawa senjata api lolos dan berhasil melarikan diri.

Melihat kehati-hatian dan kecermatan semua personil saat penyergapan,menunjukan betapa betapa anggota polri baik itu dari satlantas dan polsek yang sedang bertugas pada saat itu, mempunyai naluri yang sangat tinggi. Dari informasi yang diperoleh bahwa penumpang yang berada di dalam mobil pelaku membawa senjata api, maka anggota yang melakukan penyergapan dengan penuh kecermatan dan kehati-hatian.

Kapolres Pemalang AKBP Dedi Wiratmo, S.I.K. melalui Kasat Lantas Polres Pemalang AKP Davis Busin Siswara, S.I.K. menyampaikan bahwa apa yang dilakukan para anggota sudah menjadi tugas seorang polisi yang memang harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab. Ditambahkan juga bahwa kepada para anggota akan diberikan perhargaan atas prestasinya.

“Kita akan berikan reward/penghargaan kepada para anggota, sehingga ke depan akan banyak prestasi lain yang bisa diukir oleh polisi, baik itu dari satlantas maupun dari satuan-satuan yanglain di jajaran polres Pemalang khususnya,” Jelas Davis.

Seperti telah diberitakan Reportase (30/10) anggota satlantas polres Pemalang berhasil melakukan penyergapan dan penangkapan terhadap pelaku kejahatan curas di daerah Tanjung Perak Surabaya Jawa Timur di jalan pantura Ampelgading Pemalang . Adapun anggota satlantas yang melakukan penyergapan dan penangkapan yaitu Aiptu Riyanto, Aiptu Badruzaman, Bripka Dedi, Bripka Agus, Brigadir Untung Prayitno, Brigadir Mudi Roso, Brigadir Himawan, Briptu Reza dan Bripu Rudi. (hp)

Pos ini dipublikasikan di daerah, Hukum, Pemalang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s