Jembatan Comal Dibuka Kembali

foto : Reportase

foto : Reportase

Pemalang (Reportase) – Jembatan Comal A (sisi selatan) telah selesai dikerjakan dan dibuka kembali untuk semua jenis kendaraan pada hari Jumat (3/10) pukuil 22.30 wib. Pembukaan jembatan tersebut lebih cepat dari yang dijadwalkan yaitu pada hari Sabtu (4/10). Yakfur, PPK Kementrian PU menjelaskan bahwa  pembukaan jembatan yang lebih cepat dari jadwal yang telah disepakati tanggal 4/10 dimajukan dengan berbagai pertimbangan, salah satunya adalah mengakomodir kepentingan masyarakat.

“Pertimbangan kami  salah satunya karena pada tanggal 4 ada sebagian masyarakat umat Islam yang melaksanakan ibadah hari raya Idul Adha, jadi jemabatan Comal sisi selatan (Comal A) dibuka lebih cepat dari yang telah dijadwalkan,” jelas Yakfur.

Sementara itu kepala satuan kerja pelaksanaan jalan nasional wilayah 1, Jawa Tengah, sumarjono mengatakan terkait dengan pembukaan jembatan comal sisi selatan, untuk kendaraan dari arah Semarang menuju Jakarta yang dapat melewati jembatan tersebut tidak ada pembatasan tonase, asalkan kendaraan yang melewati jembatan comal sisi selatan ini harus sesuai dengan JBI atau jumlah berat ijin dan JBB atau jumlah berat bruto sesuai dengan yang tertera di buku kir atau yang tertempel pada badan kendaraan.

“Kendala yang kami hadapi adalah kendaraan berat yang melebih JBI atau JBB akan memperlambat laju kendaraan saat melintasi jembatan, selain itu juga dapat merusak struktur jembatan dan juga struktur jalan yang ada di jembatan,” terangnya.

Sumarjono juga menyampaikan bahwa jembatan Comal sisi utara (Comal B) untuk sementara masih difungsikan, namun untuk kendaraan yang dapat melintasinya harus sesuai dengan surat keputusan dirjen perhubungan darat yakni kendaraan sumbu 2 bermuatan atau tanpa muatan. Sedangkan untuk perbaikan jembatan sisi utara akan dilkukan terlebih dahulu  pengamanan material di bagian bawah jembatan untuk mengantisipasi meluapnya air sungai Comal dikarenakan datangnya musim hujan. (hp)

Pos ini dipublikasikan di daerah, Pemalang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s