Pengurus OSIS SMANCO Periode Tahun 2014-2015 Dilantik.

foto : Reportase

foto : Reportase

Comal (Reportase) – Dalam rangka meningkatkan mutu kegiatan di dalam sekolah secara keseluruhan, diperlukan adanya penyegaran dalam tubuh organisasi kesiswaan yaitu OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah). Untuk itu pada Rabu (1/10), SMA N Comal Pemalang melaksanakan Pelantikan Pengurus OSIS periode tahun 2014-2015. Pelantikan yang dilaksanakan bebarengan dengan upacara bendera memperingati Hari Kesaktian Panca Sila tersebut berjalan dengan penuh hikmat. Pelantikan yang dipimpin langsung oleh Kepala Sekolah SMA Negeri  Comal Drs. Sumanto, diikuti  oleh seluruh pengurus OSIS baik yang baru akan dilantik maupun yang akan mengakhiri masa baktinya.

Dalam kesempatan tersebut,  Kepala Sekolah melantik pengurus OSIS yang baru dengan membacakan Sumpah dan Janji Pengurus OSIS dan dilanjutkan penanda tanganan berita acara serah terima dari pengurus yang lama ke pengurus yang baru, yang diakhiri dengan penyerahan Bendera Organisasi OSIS ke pengurus baru oleh Kepala Sekolah.

Kepala Sekolah SMA Negeri Comal Drs. Sumanto melalui Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Drs. Edi Raharjo menyampaikan bahwa pelantikan tersebut adalah akhir rangkaian kegiatan OSIS dalam rangka pergantian kepengurusan. Dijelaskan oleh Edi, bahwa kegiatan pemilihan Ketua OSIS  sudah dijalankan mulai adri awal bulan Sepetember lalu. Setiap kelas dari kelas X, XI, mengirimkan wakilnya untuk ikut seleksi  dalam pencalonan Ketua OSIS. Dari hasil seleksi seluruh wakil dari masing kelas didapatlah 3 (tiga) orang siswa sebagai kandidat ketua OSIS yaitu Yusril Amin dari kelas XI, Yesica kelas XI dan Handoko Wibowo kelas X.

Setelah terdapat 3 kandidat, selanjutnya pada tanggal 6 September diadakan Pemilu Ketua OSIS, yang diawali dengan kampanye Visi dan Misi oleh masing-masing kandidat. Diperoleh keterangan, dari seluruh siswa yang berjumlah 1.078 siswa hanya 12 siswa yang tidak menggunakan hak pilihnya. Itupun dikarenakan dalam keadaan sakit yang dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter.  Dari hasil pemilu tersebut diperoleh Ketua OSIS baru yang mengungguli kandidat lainnya yaitu Yusril Amin dari kelas XI MIA 2.

Edi Raharjo lebih lanjut menambahkan bahwa dengan diadakannya pemilu Ketua OSIS, mereka juga bisa belajar  berorganisasi dan berdemokrasi secara langsung, yang nantinya bisa diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat. Adapun harapan pihak sekolah, masih menurut Edi bahwa Siswa dengan OSISnya bisa melaksanakan tugas-tugas organisasi dalam peningkatan mutu kegiatan baik kegiatan OSIS itu sendiri  maupun kegiatan seperti pramuka, PMR dan yang lainnya dilingkungan SMA Negeri Comal.

Sementara itu Ketua OSIS yang baru saja dilantik, Yusril Iman menyampaikan untuk program kerja kepemimpinannya selama setahun kedepan, akan lebih mengaktikan beberapa kegiatan yang dirasa kurang berkembang. Yusril mencontohkan, bahwa OSIS dibawah kepemimipinannya sudah menggiatkan lagi IKJ (Ikatan Kejurnalistikan) yaitu dengan cara menghidupkan majalah dinding (Mading), sebagai wadah siswa untuk berkreasi dalam bidang jurnalistik, seperti halnya penulisan cerpen, puisi dan lainnya.

Yusril juga menyampaikan bahwa pengurus OSIS yang baru agar dapat bekerja sama dan saling komunikasi dengan harapan  bisa lebih maju, bermanfaat khususnya di lingkungan internal SMA Negeri Comal dengan melakukan kegiatan yang positif yang pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas belajar para siswa.

Selain pelantikan pengurus OSIS, Kepala Sekolah juga menandatangani berita acara serah terima kepengurusan PKS, PMI, Pramuka dan ISC secara bersamaan. (hp)

Pos ini dipublikasikan di daerah, Pemalang, Pendidikan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s