BERDAYAKAN MASYARAKAT, BERI BANTUAN GEROBAK SAMPAH DAN BENIH IKAN TAWES

Foto : Reportase

Foto : Reportase

Pekalongan (Reportase) – KKN tematik Pos Daya Mahasiswa UPS Tegal kembali menyalurkan bantuan kepada masyarakat desa Rembun kecamatan Siwalan kabupaten Pekalongan (Kamis, 25 /9). Bantuan kali adalah 1 buah gerobak sampah dan 1 unit composer (alat pembuat pupuk kompos-red) serta 1000 ekor benih ikan tawes. Bertempat di kediaman Slamet Riyanto, dusun Rembunsuci Rt 02 Rw 01 kegiatan dimulai pukul 09.00 wib yang dihadiri oleh Kepala desa Rembun Fathurrahman, Kadus setempat, para mahasiswa dan karang taruna.

Dalam sambutannya Koordinator KKN Mahasiswa UIPS Tegal Agus Ulinnuha, menyampaikan bahwa bantuan tersebut adalah kerja sama dengan Kantor Lingkungan Hidup dan Dinas Perikanan kabupaten Pekalongan. Disampaikan tujuan bantuan tersebut untuk memberdayakan masyarakat sekitar tentang sampah yang berdaya guna, bukan sampah yang berkonotasi kotor dan tidak sehat.

Lebih lanjut Agus juga menerangkan, bahwa  pola pikir masyarakat yang harus dirubah tentang sampah yang bias diolah menjadi barang yang lebih bermanfaat.

“Dengan adanya bantuan ini kami berharap bahwa sampah organik dan non organik bisa diolah, yang tentunya akan bisa menguntungkan masyarakat,” tambahnya.

Agus menjelaskan bahwa sampah organik bisa dikumpulkan lalu diolah dengan alat composer dan obat yang telah disediakan untuk dijadikan pupuk kompos. Sedangkan sampah non organik seperti botol bekas air mineral, kain perca, bisa dijadikan kerajinan tangan yang kalau dijual bisa menambah penghasilan masyarakat.

Sementara itu kepala desa Rembun, Fathurrahman memberikan apresiasi yang tinggi kepada mahasiswa UPS Tegal yang sedang KKN di desa Rembun, atas usahanya dalam memberdayakan masyarakat desa Rembun secara menyeluruh.

“Saya sangat berterimakasih dengan adanya bantuan ini. Setelah yang lalu kami dibantu mengadakan Taman Bacaan Masyarakat, sekarang dibantu gerobak sampah beserta komposernya dan 1000 ekor benih ikan tawes,” kata Fathurrahman dalam sambutannya.

Selanjutnya dirinya berharap agar bantuan tersebut bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh karang taruna, sehingga berdaya guna tinggi. Untuk itu Fathurrahman memerintahkan perangkat desa terkait  agar bisa memberikan masukan-masukan ataupun penyuluhan tentang pengolahan pupuk kompos, maupun budidaya ikan tawes, tentunya dengan mengajak instansi atau dinas terkait.

Dalam akhir sambutannya Kepala desa menyampaikan kepada seluruh warga masyarakat , dengan adanya bantuan ataupun kegiatan KKN di desa Rembun, diharapkan dapat meningkatkan silaturahmi antar warga, meningkatkan persatuan dan kesatuan warga desa Rembun.(hp)

Pos ini dipublikasikan di daerah, Pekalongan, Pendidikan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s