Rutan Pemalang Beri Remisi 63 Narapidana

SAM_2269

Pemalang (Reportase) –  Dalam Rangka peringatan Hari Kemerdekaan RI ke 69, Rumah Tahanan Pemalang memberikan remisi kepada 63 orang narapidana  (Minggu, 17/8). Acara yang dilaksanakan di halaman bagian Dalam Rutan dihadiri oleh Bupati Pemalang H Junaedi SH, MM,  dan Muspida  kabupaten Pemalang.

Kapala Rutan Pemalang, Trianna Aryati, Bc.I.P., SH, Msi, dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam  peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 69 tahun 2014, pihaknya memberikan remisi umum terhadap 63 orang narapidana yang telah memenuhi persyaratan. Berdasarkan SK Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI no. W.13/1356.PK.01.01.02 tahun 2014 tanggal 5 Agustus 2014 tentang pemberian remisi umum 17, dari 63 orang tersebut, 61 orang narapidana  mendapatkan remisi umum 1, yaitu narapidana yang masih harus menjalani sisa pidana. Sedangkan 2 (dua)  orang narapidana mendapatkan remisi umum 2, yaitu narapidana yang langsung bebas.

Dijelaskan juga bahwa di Rutan Pemalang dihuni oleh 216 orang, yang terbagi menjadi 110 orang narapidana dan 116 orang yang berstatus tahanan yang terbagi sebanyak 209 orang pria dan 7 orang wanita. Trianna menambahkan bahwa pemberian remisi tersebut adalah merupakan salah satu hak bersyarat yang diberikan kepada narapidana, karena berikutnya masih banyak hak-hak lainnya yang diberikan untuk napi selama menjalani proses pembinaan di lapas maupun di rutan. Diantaranya adalah hak cuti bersyarat, hak cuti mengunjungi keluarga, hak cuti menjelang bebas, hak asimilasi dan masih banyak lainnya. Pemberian hak-tersebut diberikan secara selektif berdasarkan peraturan yang berlaku, salah satunya persayaratan administrasi secara substantif diman selama menjalani pidana di lapas atau rutan tidak melakukan kesalahan dan mengikuti segala bentuk pembinaan yang ada.

Sementara itu Joni Priyanto, Aks, Kasubsi Pelayanan Tahanan Rutan Pemalang menambahkan  bahwa narapidana  yang mendapat remisi umum 2, juga mendapatkan tali asih dari gubernur Jawa Tengah, yang besarannya sudah ditentukan sebesar Rp. 70.500,- (tujuh puluh ribu lima ratus rupiah). Pada kesempatan tersebut, selain menyerahkan remisi kepada 2 (dua) narapidana yang mendapat remisi umum 2, bupati Pemalang  juga berkenan memberikan tali asih kepada narapidana tersebut.

Ditambahkan oleh Joni, bahwa per tanggal 17 Agustus 2014, penghuni Rutan Pemalang sebanyak 216 orang, melebihi dari kapasitas Rutan yang hanya untuk 135 orang narapidana/tahanan. Adapun yang menjadi warga binaan di Rutan Pemalang sebagian besar adalah mereka yang tersangkut masalah perjudian dan pencurian. Sedangkan Rutan Pemalang sampai saat ini dalam hal situasi keamanan masih cenderung aman. (Hp)

Pos ini dipublikasikan di daerah, Pemalang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s