Opacara Hari Pramuka,Bentuk Karakter Bangsa

Kerek bendera Hrapram

Comal (Reportase) – Upacara Hari Pramuka (Harpram) ke-53 tahun 2014 ada yang beda dibanding tahun sebelumnya, pasalnya pada pelaksanaan upacara memperingati Harpram kali init, Kwartir Ranting (Kwarran) 02 Comal melibatkan para Mabisa (Majlis Pembimbing Desa) dalam kegiatan upacara tersebut. Demikian disampaikan Ketua Kwarran 02 Comal, Achmad Nasichin di sela-sela kegiatan upacara dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke-53 tahun 2014 di lapangan Jatidiri Comal, Kamis (14/08).

Dijelaskan juga bahwa keterlibatan Mabisa dalam kegiatan Pramuka sudah seharusnya dioptimalkan, mengingat Pramuka menjadi salah satu komponen pendidikan dalam ikut membentuk karakter bangsa terutama anak muda menjadi pemuda yang berwatak yang kuat, tagguh kepribadiannya, luhur dalam budi pekerti serta menjunjung persatuan dan kesatuan bangsa.

“Kami mengundang kepala desa/kelurahan yang notabene sebagai Kamabisa se- wilayah Kecamatan Comal untuk hadir dalam upacara Harpram tahun ini”. Kata Nasichin.

Sementara itu dalam sambutan ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka, H.Adhiyaksa Dault, ketua Majlis Pembimbing Ranting (Kamabiran) 02 Comal, Slamet Suwito menyampaikan, bahwa dalam kurun sau dasawarsa, dapat dicatat tiga momen penting perkembangan Gerakan Pramuka di Indoensia, yaitu telah dicanangkannya kembali revitalisasi Pramuka pada Hari Pramuka tahun 2006 oleh Presiden RI yang saat ini tampak keberhasilannya dengan semakin marak kegiatan kepramukaan di
berbagai daerah, terbitnya undang-undang nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka yang memperkuat legalitas Pramuka di negara Indonesia. Dengan terbitnya undang-undang tersebut maka pelaksanaan pendidikan kepramukaan pada saat ini tidak lagi hanya sekedar mengisi masa senggang saja, tetapi telah meningkat menjadi kewajiban setiap warga negara untuk mengimplementasikannya, dan momen penting selanjutnya
adalah masuknya pendidikan kepramukaan ke dalam kurikulum 2013 sebagai ekstra kurikuler wajib yang mulai diberlakukan pada bulan Juli 2014 kemarin.

Dengan tema “Mantapkan Pembentukan Karakter Kaum Muda melalui Gugusdepan Terakreditasi” peringatan Harpram yang diikuti oleh sekitar 2000 peserta yang terdiri dari Pramuka Siaga (SD), Penggalang (SM) dan Penegak (SMA) serta para pengurus Kwarran beserta anggota tersebut sedianya dilaksankaan sebagai peringatan tingkat Kwarcab Pemalang dan karena sesuatu hal dipending. Dengan tema tersebut mengisaratkan bahwa komitmen Gerakan Pramuka sangat tinggi terhadap pembentukan
karakter bangsa yang lebih baik.

Disampaikan, bahwa hasil bumbung kemanusiaan pada hari Pramuka Kwarran 02 Comal tercacat ada Rp. 6.800.000. Uang tersebut diberikan untuk kegiatan bantuan sosial (bansos) Pramuka sebanyak 25 anak didik dari SD, SMP dan SMA di wilayah Kwarran 02 Comal. “Alhamduliilah, hasil bumbung kemanusiaan sebagian diberikan kepada anak didik SD hingga SMA”, terang Mohamamd Sobirin, sekretrasi Kwarran.

Ditambahkan, bahwa sebelum pelaksanaan upacara Harpram, pada malam harinya bertempat di sanggar Pramuka dilaksanakan kegiatan Ulang Janji yang bertujuan untuk mengingat kembali Harpram. Ulang janji diikuti oleh Pramuka dewasa yang terdiri dari Mabiran, Andalan Ranting,Mabigus dan anak didik Penegak sejumlah 150 peserta. Pada kegiatan tersebut dibacakan secara bersama-sama Tri Satya yang dipandu oleh Kamabiran. (Hp)

Pos ini dipublikasikan di daerah, Pemalang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s