Bupati Panen Raya Padi SRI

SAM_2136

Pemalang (Reportase) – Bupati Pemalang H Junaedi, SH, MM, melakukan panen raya di desa Pagergunung kecamatan Ulujami kabupaten Pemalang (Selasa, 12/8). Panen padi perdana dengan menggunanakan SRI yang dibudidayakan oleh kelompok tani Roda Desa Pagergunung Kecamatan Ulujami , selain dilakukan oleh Bupati Pemalang, hadir juga Dirjen PSP yang diwaikili oleh Ir Tunggul Iman Pamudji, SE .

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan bahwa  Pemalang adalah sebagai salah satu daerah penyangga pangan di Provinsi Jawa Tengah. Oleh karenanya Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Pemalang terus meningkatkan upaya dalam mewujudkan swa sembada pangan. Pemerintah Kabupaten Pemalang menurut Bupati terus bersinergi dengan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat dalam mewujudkan target 10 juta ton padi. Berbagai program Pemerintah Pusat yang dilaksanakan di Kabupaten Pemalang menunjukkan hasil yang cukup menggembirakan. Salah satunya menurut Bupati program penanaman padi SRI seperti yang dipanen di desa pagergunung oleh kelompok tani Roda, menunjukkan hasil lebih dari target yang ditetapkan yakni 8 ton per ubin. Oleh karena itu, Bupati menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Pusat melalui Kementrian Pertanian yang telah meluncurkan banyak program di Kabupaten Pemalang.
Hanya saja, menurut Bupati yang masih menjadi kendala saat ini salah satunya adalah hama tanaman utamanya tikus. Untuk mengatasi hama tikus, saat ini beberapa kelompok tani telah menangkarkan burung hantu. Hasilnya cukup menggembirakan. Untuk mendorong peningkatannya, beberapa kelompok tani diikutkan pelatihan penangkaran di Demak

Sementara itu Dirjen PSP yang diwaikili oleh Ir Tunggul Iman Pamudji, SE menyampaikan Program SRI diluncurkan Pemerintah dalam rangka untuk memperbaiki kondisi lahan pertanian di Indonesia yang sakit parah akibat pemakaian pupuk kimia dan pestisida. (Hp)

 

 

Pos ini dipublikasikan di daerah, Pemalang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s