Perbaikan Jembatan Comal Mulai Dikerjakan

Foto : Reportase

Foto : Reportase

Pemalang (Reportase) –  Sudah dua hari terkahir pekerjaan perbaikan jembatan Comal dikerjakan. Pekerjaan tersebut adalah penanaman tiang pancang baja pada  jembatan sisi utara. Simarmata, PPK Binamarga Jateng menjelaskan bahwa sampai hari ini (Minggu, 10/8) sudah terpasang 2 titik pancang di sisi utara jembatan sebelah utara.

“Sesuai  rencana akan kita pasang masing-masing empat tiang pancang sebagai penyangga jembatan,” jelas Simarmata di lokasi pekerjaan.

Ditambahkan pula bahwa pengerjaan pemasangan tiang pancang tersebut diutamakan pada jembatan sebelah utara, dikarenakan sisi utara sebagai jembatan darurat yang dilalui kendaraan pada saat ini.

Diperoleh keterangan bahwa jembatan Comal baik sebelah utara maupun selatan akan dibuatkan penyangga dengan baja cor yang berfungsi sebagai kekuatan jembatan pada sisi sebelah barat. Adapun jembatan sisi barat akan diperpanjang kurang lebih 20 meter dengan menggunakan cor.

“Kedua jembatan akan kita dongkrak, yang kemudian akan kita buatkan penyangga seperti pada bagian tengah jembatan,” terangnya.

Simamarta juga menjelaskan bahwa pekerjaan tersebut dikerjakan secara bertahap. Adapun armco yang telah dipasang akan dibongkar untuk pembuatan penambahan jembatan dengan cor.

Terkait dengan amblesnya oprit (sisi antara jembatan dan jalan), dijelaskan oleh Simarmata bahwa itu bukan ambles, Akan tetapi dikarenakan pada saat pengerjaan kondisi tanah belum terlalu padat, sehingga saat dilewati oleh kendaraan, kondisi tanah mengalami pemadatan dengan sendirinya.

“Kita sudah laksanakan leveling jalan beberapa waktu lalu. Kondisi jembatan darurat saat ini dalam keadaan aman,”  pungkasnya. (hp)

Pos ini dipublikasikan di daerah, Pemalang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s