Jembatan Comal Tutup Total, Arus Lalulintas Dialihkan

foto : Reportase

foto : Reportase

 

Pemalang (Reportase) – Jembatan Sungai Comal akhirnya benar-benar ditutup total untuk semua jenis kendaraan. Hal tersebut dilakukan dikarenakan kondisi jembatan yang sudah tidak layak untuk dilewati. Keputusan untuk menutup jembatan  akhirnya dilaksanakan setelah beberapa hari  terakhir sudah diupayakan perbaikan jalan dengan melakukan leveling  atau perataan jalan yang bertujuan untuk mengantisipasi ataupun menekan tingkat goyangan jembatan.  Namun  pekerjaan tersebut  bukannya  mneyelesaikan permasalahan yang ada, akan tetapi  jalan justru tampak semakin ambles. Adapun penutupan jalan dilakukan pada pukul 23.30 wib (Kamis, 17/7).

Kapolres Pemalang AKBP Dedi Wiratmo, S.I.K. melalui  Ka Sat Lantas Polres Pemalang AKP Davis Busin Siswara, S.I.K. menjelaskan, bahwa Polres Pemalang langsung tanggap dan mengerahkan personil dari satlantas untuk  segera melaksanakan penutupan jembatan, setelah ada koordinasi dari pihak-pihak yang terkait.

“Kami laksanakan penutupan jembatan sekitar pukul 23.30 wib. Itupun sebelumnya sudah dilakukan rekayasa lalu lintas dengan cara buka tutup melewati jembatan yang sebelah utara pada pukul 21.00 wib. Namun karena berbagai pertimbangan, akhirnya diputuskan untuk menutup total jembatan,” jelas Davis di lokasi.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa dengan penutupan total jembatan tersebut, semua kendaraan  baik dari arah timur maupun barat dialihkan menggunakan jalur alternatif. Kendaraan berat dari arah barat mulai dari kabupaten brebes  sudah dialihkan menggunakan jalur selatan (Purwokerto-Yogyakarta). Sedangkan dari arah timur, mulai dari Kota Semarang dialihkan juga menggunakan jalur selatan. Sedang untuk kendaraan pribadi jalan alternatif yang dari timur dialihkan dari Comal ke selatan arah bodeh melewati jembatan kemuning bodeh yang selanjutnya menuju arah Pemalang, demikian juga sebaliknya.

Sementara itu dari jajaran Bina marga Propinsi dan Kementrian PU belum bisa memastikan penutupan jembatan tersebut sampai kapan, mengingat amblesnya jalan tersebut tidak diperkirakan sebelumnya.

“Ini darurat. Jadi diperlukan tenaga dan pemikiran yang ekstra untuk mengerjakan ini. Tapi mudah-mudahan Sebelum Lebaran pekerjaan ini sudah selesai dan jalan bisa dibuka kembali,” jelas salah satu staf kementrian PU tanpa mau disebutkan jati dirinya.

Disampaikan juga oleh Kasat Lantas Polres Pemalang, AKP Davis Busin Siswara, S.I.K. bahwa untuk mengamankan arus lalulintas terkait penutupan tersebut, pihaknya akan menurunkan segenap personil jajaran sat lantas Polres Pemalang.

“Anggota sat lantas Polres Pemalang akan diterjunkan untuk mengatur lalulintas  akibat penutupan jembatan ini. Utamanya akan mengatur arus lalulintas jalan alternatif yang berada di desa-desa, agar tidak terjadi kemacatan, mengingat arus mudik lebaran sudah mulai terjadi peningkatan,” katanya. (Hp)

Pos ini dipublikasikan di daerah, Pemalang dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s