Jelang Mudik Lebaran, Jembatan Comal Ambles

foto : Reportase

foto : Reportase

Pemalang (Reportase) – Kondisi tanah yang labil akibat terkena erosi dari arus sungai Comal karena banjir beberapa bulan yang lalu,  menyebabkan jalan di ujung jembatan sungai Comal sebelah barat ambles.  Kondisi tersebut menyebabkan jembatan sungai Comal  mengalami goyangan yang hebat saat dilalui kendaraan terutama kendaraan dengan muatan berat. Yakfur, PPK Kementrian PU dilapangan mengatakan bahwa amblesnya jalan tersebut dikarenakan tanah dibawahnya tergerus arus sungai Comal akibat banjir beberapa bulan yang lalu. Ditambahkan juga bahwa kondisi pondasi jembatan saat ini masih aman.

“Untuk pondasi jembatan menurut pantauan kami masih aman. Yang perlu diperhatikan adalah pondasi tanah di bawah  jalan ini mas, yang terkena erosi,” jelasnya pada saat berada dilokasi (Senin, 14/7).

Dijelaskan juga bahwa pihak binamarga saat ini hanya bisa melaksanakan leveling atau perataan jalan. Hal tersebut untuk mengantisipasi dan menekan tingkat goyangan jembatan yang dilalui kendaraan.

“Melihat situasi arus mudik lebaran yang mulai mengalami peningkatan, kami tidak mungkin untuk melakukan pekerjaan besar  yaitu perbaikan pondasi  jalan yang berada di bawah jembatan sungai Comal, karena harus menutup ruas jalan dari arah timur. Hal yang bisa kami lakukan adalah melaksanakan leveling atau perataan permukaan jalan, seperti sekarang ini,” kata Yakfur.

Diperoleh informasi bahwa amblesnya jalan tersebut sudah terlihat sejak beberapa hari yang lalu. Bahkan untuk ruas jalan sebelah utara, pada pertengahan bulan juni yang lalu sudah dilaksanakan leveling jalan dengan ketebalan sekitar 50 cm.

Amblesnya jalan tersebut sempat menjadi perhatian Dandim 0711 Pemalang Letkol Arm M. Lufti. yang memantau langsung ke lokasi amblesnya jalan tersebut. (Hp)

Pos ini dipublikasikan di daerah, Pemalang dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s