Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat

10
Pemalang (Reportase) – Kelurahan Purwoharjo Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang menjadi peserta lomba desa/kelurahan Kabupaten Pemalang tahun 2014 bersama dua kelurahan lain yaitu kelurahan Petarukan dan kelurahan Widuri Kecamatan Pemalang. Kelurahan Purwoharjo sendiri dilaksanakan penilaian dari Tim Penilaian Perlombaan desa/kelurahan kabupaten Pemalang pada hari Rabu, 23 April 2014.
Camat Comal Slamet Suwito dalam sambutannya mengatakan dengan adanya lomba desa/kelurahan ini menegaskan bahwa juara adalah bukan tujuan akhir, akan tetapi agar bisa menjadikan instrospeksi, tolok ukur sejauh mana peningkatan di semua sektor, khususnya dalam hal pemberdayaan masyarakat kelurahan Purwoharjo. Ditambahkan juga bahwa kemajemukan masyarakat Purwoharjo tidak menjadikan adanya perselisihan yang sangat berarti, akan tetapi justru menjadikannya sebuah kesatuan dan persatuan untuk membangun kelurahan Puwoharjo. Pihaknya juga bersama-sama dengan desa-desa lain di kecamatan Comal siap mendukung Kelurahan Purwoharjo untuk menjadi yang terbaik.
Sementara itu Kepala Kelurahan Purwoharjo, RM Slamet Agus Purnomo, SH menyampaikan, bahwa kelurahan Purwoharjo dengan luas areal 192,925 Ha dengan jumlah penduduk sebesar 11.893 jiwa tersebut sangat potensi dalam pertumbuhan ekonomi. Hal ini dikarenakan di Kelurahan Purwoharjo ada sebuah pasar tradisional yang cukup besar. Selain itu juga berdiri toko-toko modern, pasar swalayan, yang keberadaannya¬† tidak menjadikan pasar tradisional kalah bersaing tapi justru bisa saling menopang dan tidak menimbulkan gesekan yang berarti. Dengan adanya hal tersebut justru dapat meningkatkan tingkat ekonomi masyarakat Purwoharjo khususnya. Dijelaskan juga bahwa roda perputaran perekonomian di Kelurahan Purwoharjo sangat baik dan tinggi, juga karena adanya koperasi yang beropaerasi di wilayah Kelurahan Purwoharjo cukup banyak, ada sekitar 10 koperasi yang berbadan hukum. Potensi potensi yang ada di wilayah kelurahan Purwoharjo akan bisa lebih berkembang dan maju karena didukung dengan sarana prasarana dalam pengembangan perekonomian, yaitu salah satunya koperasi. Purnomo juga menambahkan bahwa di wilayahnya ada home industri, yaitu industri makanan ringan “Semprong dan Kipas-kipas, yang diproduksi di dusun Posongan. Industri ini selain di jual untuk kebutuhan lokal, akan tetapi sudah merambah ke luar daerah terutama Jakarta untuk dikemas dan diberi label perusahaan lain yang sebenarnya itu adalah produksi masyarakat Purwoharjo.
Tim Penilai lomba desa/kelurahan kabupaten Pemalang yang dipimpin Dadang Waryono menyampaikan bahwa dalam lomba desa/kelurahan ada beberapa kriteria yang dijadikan dasar penilaian antara lain dari segi pendidikan, kesehatan, keamanan lingkungan, perekonomian, pemerintahan, lembaga kemasyarakatan dan partisipasi masyarakat. Dadang juga menambahkan bahwa lomba ini sebagai alat pembinaan, alat ukur, apakah dari pembinaan selama ini ada kenaikan dalam hal pemberdayaan masyarakat. Dadang juga berharap di sebuah desa/kelurahan akan lebih baik apabila data-data sebuah desa/kelurahan dapat tersaji dengan baik dan rapih,lebih-lebih bisa disajikan dalam bentuk website, sehingga siapapun yang berkepentingan dengan desa/kelurahan tersebut akan dapat dengan mudah mengakses.
Kepala kelurahan Purwoharjo sendiri menyadari akan pentingnya informasi yang cepat, tepat dan akurat di era komputerisasi ini. Pihaknya juga sudah memikirkan hal tersebut. Mulai dari SDM, perangkat, semuanya sudah dipikirkan. Diakhir wawancaranya Kepala Kelurahan Purwoharjo berharap bahwa dengan adanya lomba ini, kelurahan Purwoharjo bisa semakin meningkatkan pertumbuhan ekonomi rakyat, sehingga pemberdayaan masyarakat bisa menjadi maksimal. (Hp)
Pos ini dipublikasikan di daerah, Pemalang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s