Tingkatkan Keterlibatan Perempuan Sesuai Semangat Kartini

foto:Reportase

foto:Reportase

Kajen (Reportase) – Wakil Bupati Pekalongan Fadia Arafiq membuka acara Resepsi dan Sarasehan Peringatan Hari Kartini ke-135 di aula lantai 1 Setda (Senin, 21 April 2014).  Dalam sambutannya disampaikan bahwa peringatan hari Kartini yang berdekatan waktunya dengan pemilihan umum legislatif menimbulkan optimisme baru akan keterlibatan lebih banyak perempuan dalam bidang politik. Di Indonesia, keterwakilan perempuan pada pemilu tahun 2009 sebesar 17,86 % meningkat dari pemilu tahun 2004 yang hanya 11,09 %.  Dijelaskan juga bahwa  keterwakilan perempuan di DPRD Kabupaten Pekalongan saat ini sebanyak 13,33 %. Peringkat Indeks Pemberdayaan Gender Kabupaten Pekalongan di Jawa Tengah menduduki peringkat ke-30 dari 35 kabupaten/kota.

“Memang keterlibatan perempuan dalam bidang politik bukanlah hal yang mudah, disebabkan antara lain kesadaran dari diri perempuan itu sendiri yang masih rendah untuk berkiprah dan berpartisipasi di bidang politik, kurangnya dukungan keluarga kepada perempuan untuk berkiprah di dunia politik serta masyarakat yang masih kurang memberi dorongan dan dukungan. Oleh karena itu perlunya pendidikan, pelatihan dan kesadaran politik untuk meningkatkan kualitas dan kepercayaan dari perempuan,” jelasnya.

Menurut Fadia momentum peringatan ini diharapkan bisa meningkatkan rasa nasionalisme, juga untuk menyegarkan semangat membangun bangsa, terutama membangun Kabupaten Pekalongan tercinta.

“Peringatan hari Kartini juga menjadi momentum perempuan Indonesia untuk merapatkan barisan dan membuat gerakan bagaimana bangsa ini keluar dari segala persoalan. Jadi, saya minta kita tidak hanya terbatas pada peringatan secara seremoni, namun harus menyentuh aspek substansi tentang makna emansipasi perempuan. Sebuah bangsa akan maju tergantung pada kualitas perempuan. Dibalik suksesnya sebuah keluarga ada seorang perempuan yang kuat,” jelasnya.

Sementara itu, panitia pelaksana Kepala BPMPKB Kabupaten Pekalongan Totok Budi Mulyanto, SE menyampaikan kegiatan peringatan hari Kartini dimaksudkan untuk menumbuhkan kembali keteladanan dan semangat juang RA Kartini di kalangan masyarakat, terutama generasi muda.

“Kami mengambil tema kali ini yaitu : Dengan Semangat Kartini Kita Tingkatkan Keterlibatan Perempuan Dalam Bidang Politik Untuk Mewujudkan Demokrasi Yang Berkualitas. Hal ini sesuai dengan situasi saat ini dengan adanya pemilu legislatif dan pemilu presiden. Diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan wawasan perempuan dalam partisipasi di bidang politik”, tuturnya.

Selain acara resepsi yang diikuti oleh 205 peserta ini, juga digelar sarasehan yang menghadirkan narasumber DR. A. Darsono Sudibyo, MSi, Assisten Deputi Bidang Pengarusutamaan Gender Bidang Politik, Kementerian Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI dan Tuti Harmonis, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan. Dalam kesempatan yang sama, diterimakan pula beberapa bantuan antara lain 21 Set Peralatan Usaha Hantaran Manten kepada Eni Hanrawati dari Kecamatan Buaran, penghargaan Juara 3 Tingkat Nasional Lomba Cipta Lagu Anak kepada Eko Wati Wijiningrum, SPd Paud dari TK Muslimat NU Kedungwuni. Kemudian bantuan biaya notaris badan hukum koperasi kepada KSP Enggal Sari dari Kecamatan Karanganyar dan koperasi Produksi Maju dari Kecamatan Paninggaran, penghargaan pengabdian untuk kesehatan ibu dan anak selama 25 tahun kepada Sri Haryati, Am.Keb Bidan Puskesmas Siwalan serta penghargaan atas inisiatif dan inovatif dalam pembentukan kelas ibu hamil kepada Lestari, SST Bidan Desa Kadipaten Puskesmas Wiradesa. (F4)

Pos ini dipublikasikan di daerah, Kajen. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s