Penyuluhan Kamtibmas Melalui Dakwah

foto : Reportase

foto : Reportase

Pemalang (Reportase) – Bertempat di Aula Bhayangkara, Polres Pemalang menyelenggarakan pembinaan Dai Kamtibmas (Rabu tanggal 16 April 2014). Acara yang dibuka oleh Wakaplores Pemalang Kompol Eko Widodo, SH, dimulai pukul 09.00 wib dan dihadiri para Dai kambitmas atau tokoh agama yang berjumlah + 100 orang yang berasal dari perwakilan polsek-polsek jajaran Polres Pemalang.

Dalam sambutanya, Wakapolres mengharapkan agar para Dai Kamtibmas dapat membantu Polri dalam penyuluhan Kamtibmas melalui dakwah agama. Dengan melalui dakwah agama atau tausiyah di harapkan dapat tercipta kesadaran masyarakat untuk turut ikut serta menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif diwilayah masing-masing.

Dalam kesempatan ini Kasat Intelkam Polres Pemalang yang di wakili oleh KBO Intelkam Polres Pemalang IPTU Edi Purwanto, menyampaikan bahwa dengan hajat Negara yaitu pemilu yang diharapkan dalam pelaksanaanya aman, lancar, jujur dan adil, maka di harapkan peran aktif para dai kamtibmas/takoh agama ikut serta menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif bersama-sama dengan Polri yang bertugas saling memberikan informasi dalam masyarakat sebagai sumber informasi yang selalu di butuhkan oleh Polri.

 Sedangkan dari kementrian Agama Kab. Pemalang yang diwakili oleh Ahmad Sufiyan Hadi, S.Ag, M.Pd.I. sebagai nara sumber, menyampaikan misi agar masyarakat Indonesia yang mayoritas muslim tetap konsisten sesuai dengan ajaran agama yang menjunjung tinggi ukhuwah islamiyah. Diharapkan para dai Kamtibmas bisa membantu polri yang bertugas sebagai pengemban kamtibmas sangat berat tanpa bantuan atau dukungan dari masyarakat  tidak akan berhasil. Maka dengan adanya dai kamtibmas yang sudah ada di tiap-tiap kecamatan dapat bermitra dengan Polri sehingga tercipta situasi kamtibmas yang aman dan kondusif.

Sementara itu Kasat Binmas Polres Pemalang,  AKP Imam Khanafi, S.Ag, menyampaikan bahwa sebagai warga negara semua mempunyai hak dan kewajiban dalam ikut serta menjaga keamanan di lingkunganya. Sehingga dai kamtibmas diharapkan mampu mendorong masyarakat untuk berperan aktif mendukung program Polri untuk menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif. Sebagai dai kamtibmas di harapkan mampu mendorong masyarakat dalam pemilu 2014 supaya bisa memilih pemimpin yang amanah dan bisa membantu dan bermitra dengan Bhabinkamtibmas yang bertugas di desa sebagai Pembina Kamtibmas. Disampaikan juga bahwa Pembinaan Dai Kamtibmas di Polres Pemalang di laksanakan setiap 3 bulan sekali. Hal ini dikandung maksudkan supaya selalu ada kedekatan dan kemitraan dalam membangun kamtibmas. (Hp)

sumber : Subbag Humas Polres Pemalang

Editor    : Heru Prabowo

Pos ini dipublikasikan di daerah, Pemalang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s