Aktivitas Gunung Slamet Mulai Menurun

download-1-300x202

Pemalang  (Reportase) – Dilaporkan dari Pos Pengamatan Gunung Slamet Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) , bahwa aktivitas vulkanik Gunung Slamet di perbatasan Pemalang dan Purbalingga, Jawa Tengah, sudah mereda pada Selasa pagi menjelang siang (11/3). Hal tersbut dikemukakan oleh Kepala Pos Pengamatan Gunung Slamet, Sudrajat.

Puncak Gunung Slamet yang pada Senin (10/3) malam mengeluarkan asap hitam, menurut Sudrajat saat ini mengeluarkan asap putih.

Lebih lanjut dikatakan bahwa dalam sepuluh hari terakhir aktivitas Gunung Slamet meningkat dan mengalami gempa sampai ratusan kali. Hal ini diakibatkan karena peningkatan gempa sejak Senin pukul 21.00 WIB. Saat itu juga  status Gunung Slamet ditingkatkan dari status normal (level I)  menjadi status waspada (level II). Masyarakat atau wisatawan dihimbau agar tidak melakukan aktivitas dalam radius dua kilometer dari kawah gunung Slamet.

“Kami juga menghimbau agar tidak ada aktivitas pendakian,” kata Suroso.

Sementara itu Kepala Seksi Kedaruratan Dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pemalang Tri Wahyuni, mengatakan bahwa pemerintah terus berkoordinasi dengan petugas Pos Pengamat Gunung Slamet desa Gambuhan untuk perencanaan kontinjensi mengantisipasi peningkatan aktivitas Gunung Slamet.

“Kami sudah  mempersiapkan seluruh tim reaksi cepat, dapur umur, tenda, dan logistik serta jalur evakuasi melalui tujuh desa seperti Clekatakan, Gunungsari, Batursari, Siremeng, Gambuhan, serta Pulosari,” katanya. (Hp)

Pos ini dipublikasikan di daerah, Pemalang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s