Polres Pemalang Siap Amankan Pemilu 2014

Pasukan brimob saat melumpuhkan seorang demonstran dalam simulasi pengamanan pemilu 2014 polres Pemalang (foto:Reportase)

Pasukan brimob saat melumpuhkan seorang demonstran dalam simulasi pengamanan pemilu 2014 polres Pemalang (foto:Reportase)

Pemalang (Reportase) – Polres Pemalang mengadakan latihan simulasi pengamanan pemilu 2014.  Latihan dalam rangka operasi Mantap Brata Candi 2014 ini mengedepankan pengamanan pesta demokrasi pemilu 2014 yang akan segera berlangsung pada tanggal 9 April 2014. Bertempat di alun-alun Pemalang (Selasa, 4 Maret 2014), acara yang dihadiri oleh Wakapolda Jateng Brigjen (Pol) Panjang Yuswanto,  muspida kabupaten Pemalang serta tamu undangan, dimulai dengan upacara pembukaan.

Dalam sambutan kapolda jateng Irjen (Pol) Dwi Priyatno yang dibacakan wakapolda Jateng menyampaikan beberapa hal antara lain bahwa pada pemilu nanti masyarakat melaksanankan haknya untuk memilih wakil rakyat dan pempimpin negara yang dibutuhkan oleh masyarakat itu sendiri, sehingga diharapkan masyarakat hendaknya menggunakan hak pilihnya dengan baik dan benar. Selain itu disebutkan bahwa di wilayah jateng secara umum dalam situasi yang kondusif. Kalaupun ada beberapa ada situasi yang mulai memanas, masih dalam tahap yang wajar, karena suhu politik memang mulai bergerak. Hal ini disebabkan sudah dimulainya rapat-rapat partai peserta pemilu untuk kemenangan partainya masing-masing.

Disampaikan pula dalam hal ini TNI dan Polri mendapat amanah untuk menjaga pesta demokrasi pemilu 2014, harus mewaspadai dan tanggap terhadap segala sesuatu yang dapat menimbulkan kerawanan, konflik sehingga pemilu ini dapat berjalan dengan baik dan lancar, peran serta masyarakat dalam hal pengamanan pemilu ini juga sangat diharapkan.

Dalam simulasi ini tampak mulai dari pelaksanaan kampanye dengan menghadirkan tokoh partai dari pusat, sampai dengan proses penghitungan suara semuanya dilakukan simulasi dengan sangat detil sekali. Terlihat juga para pendemo dari masyarakat yang tidak puas dengan hasil penghitungan suara mendatangi KPU dengan membawa spanduk dan teriakan yel-yel sambil membawa batu dan lain sebagainya. Polri dengan sigap melakukan pengamanan, bahkan sampai harus melakukan tindakan pembubaran dan penangkapan terhadap para demonstran, dengan menggunakan peralatan dan senjata yang dipunyai polri.

Wakapolda jateng Brigjen (Pol) Panjang Yuswanto dalan wawancaranya menjelaskan bahwa Polri mengadakan latihan pengamanan pemilu ini disetiap polres di wilayah hukum Polda jawa tengah. Selain itu Polri juga melakukan pengecekan terhadap kesiapan personil, sarana prasana, dan lain sebagainya.

“Ini merupakan ukuran untuk polri apakah siap atau tidak dalam pengamanan pemilu tahun 2014,” jelasnya.

Dikatakan juga bahwa titik kerawanan sudah diidentifikasi kepada masalah kesulitan geografis, bukan kerwanan kriminal atau yang lainnya. Kesulitan geografis bisa diartikan  jarak tempuh yang jauh, sepi, dan lainnya. Untuk membantu mengatasi masalah tersebut maka dibuatlah TPS dengan kriteria 3 TPS, yaitu TPS rawan 1, TPS rawan 2, dan TPS standar/aman. Wakapolda Jateng juga menambahkan bahwa dalam rangka pengamanan Pemilu tahun 2014 ini, jajarannya menurunkan sekitar 23.000 personil anggota polri yang tersebar diseluruh polres se Jawa Tengah.

Sementara itu Bupati Pemalang H. Junaedi, SH, MM juga menjelaskan bahwa untuk memfasilitasi masyarakat Pemalang yang daerahnya terkena musibah bencana alam dan harus berada di pengungsian, KPU sedang mendata ada berapa TPS yang masyarakatnya mengungsi, yang nantinya akan dibuatkan TPS khusus seperti hal nya masyarakat yang berada di rumah sakit maupun di lembaga pemasyarakatan. (Hp)

Pos ini dipublikasikan di daerah, Pemalang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s