Ditinggal Nonton Tv Di Rumah Cucu, Rumah Sendiri Habis Terbakar Api

Rumah bapak Kayun rata dengan tanah setelah terbakar (foto : Reportase)

Pemalang (Reportase) – Kebakaran yang  meluluh lantakkan sebuah rumah terjadi di desa Mojo kecamatan Ulujami kabupaten Pemalang (Rabu, 12/2). Menurut informasi yang diperoleh Reportase, rumah yang dihuni oleh bapak Kayun (75 tahun) dan mak Tunut (70 tahun) mulai terlihat api pada sekitar pukul 18.15 wib. Salah seorang tetangga menyebutkan bahwa dirinya ketika sedang berjalan melewati rumah pak Kayun, melihat api berkobar di dalam rumah.

Kejadian tersebut langsung diberitahukan kepada warga sekitar dan spontan  berusaha memadamkan api dengan air seadanya. Namun dikarenakan rumah tersebut masih menggunakan pagar bambu dan atap rumahnya terbuat dari welit (anyaman daun kelapa-red), api dengan cepat melahap dinding dan atap serta seluruh perabotan yang berada di dalam rumah. Hanya sekitar 15 menit rumah habis rata dengan tanah, hanya meninggalkan puing-puing .

Kadus IV desa Mojo, Asrori menjelaskan bahwa api diduga berasal dari pawon (kompor tradisioanl-red) rumah tersebut. Awal terjadinya musibah pada saat mak Tunut sedang merebus keong di pawon . Setelah selesai merebus keong, mak Tunut bermaksud mengeringkan beberapa kayu bakar yang masih basah diatas tungku pawon yang sebelumnya untuk merebus keong. Asrori juga menambahkan bahwa mak Tunut sudah terbiasa mengeringkan kayu di atas pawon.

Kemudian mak Tunut pergi ke rumah cucunya disebelah depan rumahnya untuk menonton tv. Tak selang berapa lama, api terlihat membesar dari dalam rumah.

“Mungkin api berasal dari kayu yang di taruh diatas pawon itu mas,” jelas Asrori.

Ditambahkan juga bahwa kejadiannya begitu cepat. Dari  mulai rumah terbakar sampai api padam hanya sekitar 15 menit saja.

“Saya sampai ke TKP api sudah padam mas,” kata Asrori.

Dari kejadian ini tidak ada korban jiwa. kerugian materiil yang dialami pak Kayun dan mak Tunut berkisar 10 juta rupiah. (Hp)

 

Pos ini dipublikasikan di daerah, Pemalang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s