Pengedar Dan Pemakai Ganja Dibekuk Polisi

Tersangka dan barang bukti beberapa paket daun ganja (foto : dok.subbag humas polres Pemalang)

Tersangka dan barang bukti beberapa paket daun ganja (foto : dok.subbag humas polres Pemalang)

Pemalang (Reportase) – Satuan Res Narkoba Polres Pemalang berhasil menangkap 4 tersangka pengedar dan pemakai narkoba jenis ganja di 3 tempat yang berbeda (Selasa, 4/2). Berdasar informasi yang diperoleh dari masyarakat, anggota sat res narkoba polres Pemalang langsung bergerak menuju ke target operasi.  Sekitar pukul 14.15 wib, anggota berhasil menangkap Rifki Siswanto bin Casmadi (21 tahun) di warung makan Bu Ida, dukuh Bejagan desa Purwosari Comal. Dari Tangan Rifki yang beralamat di desa Sidorejo Rt. 01/Rw.03 Comal, berhasil disita satu bungkus paket daun ganja kering, satu linting rokok ganja seberat 0,64 gram dan satu puntung bekas rokok ganja.

Setelah di interogasi, diperoleh pengakuan dari tersangka bahwa ganja yang dimiliki dan dikonsumsinya  adalah hasil membeli dari Mulyono alias Ramul (32 tahun) alamat desa Gedeg Rt.08/Rw.03 Comal, pekerjaan tukang jahit. Pada saat itu juga, sekitar pukul 14.45 wib petugas mendatangi rumah Mulyono, yang pada saat itu masih bersama rekannya bernama Wanto alias Dobleh bin Wasrun (35 tahun) alamat desa gedeg Comal, pekerjaan tukang tempe. Keduanya kedapatan masih menghisap rokok ganja di ruang tamu, dan langsung diamankan petugas. Dari kedua tersangka berhasil diamankan satu puntung bekas rokok ganja yang dihisap kedua tersangka dan 7 bungkus paket daun ganja kering seberat 25.56 gram yang ditemukan di dalam laci mesin jahit saat dilakukan penggeladahan

Dari pemeriksaan sementara, tersangka Mulyono alias Ramul mengakui bahwa 7 bungkus paket daun ganja adalah miliknya, sedangkan satu linting rokok ganja yang dihisap bersama Wanto Alias Dobleh adalah milik Wanto yang dibeli darinya dengan harga Rp.20.000,-. Diakui juga bahwa ganja yang disita dari tersangka Rifki bersumber darinya.

Setelah dilakukan pengembangan lebih lanjut, diperoleh pengakuan dari Mulyono alias Ramul bahwa semua daun ganja tersebut diperoleh dengan membeli dari Slamet Giarto alias Baso bin Durjan (28 tahun) alamat desa Pamutih Rt.03/Rw.08 kecamatan Ulujami pekerjaan tukang gigi.

Hari itu juga sekitar pukul 16.00 wib petugas langsung melakukan penangkapan terhadap Slamet Giarto alias Baso dirumahnya dan  pada saat dilakukan penggeledahan berhasil ditemukan 7 bungkus paket daun ganja  seberat 30 gram.  Dalam pemeriksaan Slamet Giarto mengakui semua daun ganja bersumber darinya yang dibeli dari TGH beralamatkan di Pekalongan (ditetapkan sebagai DPO).

Diakui juga oleh Slamet Giarto bahwa  setiap minggunya membeli satu kotak daun ganja seharga Rp. 300.00,- yang kemudian dijual kembali dalam paket-paket kecil seharga Rp. 450.000,-

Sementara itu Kapolres Pemalang AKBP Dedi Wiratmo, S.I.K., atas nama pribadi dan selaku pimpinan polres Pemalang menyampaikan apreasi yang tinggi dan ucapan terimakasih kepada warga masyarakat yang telah membantu tugas-tugas polri dengan memberikan informasi tentang adanya peredaran gelap dan penyalahgunaan narkotika golingan I jenis ganja. Kapolres juga mengharapkan adanya partisipasi dari warga masyarakat lainnya dalam penyampaian informasi ke polri, sehingga kemitraan yang baik ini polri dapat lebih optimal dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya dibidang penegakan hukum.

Ditambahkan juga bahwa atas perbuatannya,  para tersangka(pemakai) dijerat dan dikenakan Pasal 111 ayat (1) jo. Pasal 127 ayat (1) huruf a UURI no.35 tahun 2009 tantang narkotika dengan ancaman hukuman penjara paling singkat 4 tahun paling lama 12 tahun dan denda paling sedikit Rp. 800.000.000,- paling banyak Rp. 8.000.000.000,-. Sedang untuk para tersangka (pengedar) dijerat dan dikenakan Pasal 114 ayat (1) jo.Pasal 111 ayat (1) UURI no.35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman penjara seumur hidup, atau penjara paling singkat 5 tahun dan paling lama 20 tahun dan denda paling sedikit rp. 1.000.000.000,- paling banyak Rp. 10.000.000.000,-

Untuk kelancaran proses penyidikan dan pengembangan pemeriksaan lebih lanjut, seluruh tersangka saat ini ditahan di rumah tahanan Polres Pemalang.

sumber : Subbag Humas Polres Pemalang

editor : Hp

Pos ini dipublikasikan di daerah, Hukum, Pemalang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s