Tanggap Bencana, Kecamatan Comal Bentuk Satgas Tingkat Desa

Sekcam Comal Drs. Andri Adi, M.Si (foto : Reportase)

Sekcam Comal Drs. Andri Adi, M.Si (foto : Reportase)

Pemalang (Reportase) – Dengan berlatar belakang 2 kali terjadinya bencana banjir oleh luapan sungai yang cukup besar, dan dipandang perlu dalam meningkatkan sinergi, ketanggapan, kesigapan khususnya tim desa dalam mengantisipasi dan penanganan masalah bencana banjir, Camat Comal mengundang seluruh kepala desa beserta 1 personil  calon sekretaris , untuk pembentukan tim penanggulangan bencana tingkat desa.

Camat Comal Slamet Suwito melalui sekretaris Camat Drs. Andri Adi, M.SiDesa mengatakan bahwa ide ini muncul pada saat banjir melanda desa-desa di wilayah kecamatan Comal yang baru lalu.

“Kami melihat beberapa desa dalam menangani bencana banjir kemarin ada yang sudah baik dalam arti mereka bekerja secara tim dengan perangkatnya, ada juga yang kepala desa merasa bekerja sendirian dan mersasa bingung harus bagaimana menanganinya. Dengan kondisi seperti ini, maka dipandang perlu untuk membentuk tim atau satgas penanggulangan bencana  tingkat desa,” jelas Andri di ruang kerjanya kemarin (Selasa, 4/2)

Lebih lanjut Andri menjelaskan, untuk struktur tim satgas pihaknya konsultasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Pemalang, dan mengadopsi struktur satgas bencana desa seperti tingkat kabupaten yaitu ketua satgas, sekretaris,seksi pencegahan dan kesiap siagaan, kedaruratan dan logistik, seksi rehabilitasi dan rekontruksi, serta relawan.

Adapun personil yang dilibatkan diharapkan bukan hanya dari perangkat desa, tapi bisa melibatkan semua tokoh  masyarakat, yang memiliki kemampuan dan memiliki waktu.

Kedepan diharapakan tim ini bisa dan trampil dalam mengantisipasi dan menangani bencana lebih dini. Andri juga menjelaskan bahwa pihaknya siap untuk meminta pihak terkait khususnya BPBD untuk memberikan sosialilasi.

“Kami siap untuk mendatangkan BPDB kabupaten bila dipandang perlu, minimal untuk  sosialilasi kepada tim tingkat desa,” jelasnya.

Dijelaskan pula bahwa tim ini dibentuk secara resmi dan akan di diberi SK kemudian disampaikan ke Bupati sebagai laporan (Hp).

Pos ini dipublikasikan di daerah, Pemalang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s