Tanah Longsor, Jembatan Ditutup

Tanah penyangga jembatan yang longsor (foto : Reportase)

Tanah penyangga jembatan yang longsor (foto : Reportase)

Pemalang (Reportase) – Akibat gerusan arus sungai yang sangat besar akhir-akhir ini menyebabkan tanah penyangga sebelah barat jembatan Posongan Comal longsor. Ini diakibatkan curah hujan yang tinggi, sehingga air sungai Comal meluap dengan kecepatan tinggi dan menghantam dinding tanah penyangga jembatan. Longsornya tanah tersebut sebenarnya sudah terjadi beberapa hari yang lalu, namun diperparah dengan hujan yang turun 2 malam terakhir.

Untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, Muspika Comal mengambil tindakan preventif dengan menutup jembatan disebelah sisi timur mengunakan pagar bambu (Selasa, 28/1). Hal ini dilakukan agar jembatan yang menghubungkan dua kecamatan ini tidak dapat dilalui pengguna jalan, karena sangat berbahaya apabila tiba-tiba tanah longsor dan mengakibatkan jembatan roboh. Hal serupa juga dilaksanakan oleh pemerintah des Ujunggede kecamatan Ampelgading, menutup jembatan sebelah sisi barat.

Penutupan ini dilakukan karena jembatan dalam keadaan bahaya, dikhawatirkan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” kata salah satu petugas dari kecamatan yang tidak mau disebut namanya. ditambahkan pula bahwa selain tanah longsor arus sungai yang sangat cepat menyebabkan air sungai Comal meluap dan menggenangi areal persawahan dan perumahan warga.

Ada beberapa desa yang tergenang luapan air sungai Comal, terutama di daerah tepi sungai. Seperti di desa Pendowo kecamatan Bodeh, dusun Posongan, Balutan kelurahan Purwoharjo kecamatan Comal. Bahkan ada beberapa tempat yang ketinggian airnya mencapai dada orang dewasa (hp).

Pos ini dipublikasikan di daerah, Pemalang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s