Tidak Ada Pemberitahuan, Panwas Tegur Caleg

Panwaslu (foto:Ilustrasi)

Panwaslu (foto:Ilustrasi)

Pemalang (Rportase) – Pemilu calon legislatif masih 3 bulan lagi dilaksanakan. Akan tetapi aroma dan semangat dari para caleg sudah terasa pada saat ini. Banyak cara para caleg ini dalam menyampaikan program, visi misi  partai, bahkan banyak juga yang sudah berani menggelar acara dengan dalih rapat tertutup, pemantapan kader, temu relawan dan masih banyak lainnya, yang tidak lain di dalamnya adalah untuk kepentingan caleg itu sendiri yaitu berupa ajakan untuk memilih yang bersangkutan agar dirinya bisa duduk sebagai anggota dewan. Tidak tanggung tangung, mereka juga mengerahkan masa dalam jumlah yang tidak sedikit

Ketua panwas kecamatan comal Bambang Sosiawan M.Sos menjelaskan bahwa ada aturan atau mekanisme yang harus dipatuhi oleh para caleg dalam berkampanye.

“Ya memang ada aturannya mas. ada zona yang telah ditetapkan dimana harus mengadakan kampanye,” jelas bambang.

Hal itu disampaikan Bambang  pada saat tim panwas kecamatan Comal berada di tempat acara pemantapan relawan caleg DPRD dapil IV dari salah satu partai peserta pemilu di desa Sarwodadi kecamatan Comal (Jumat, 10 Januari 2014). Dalam acara tersebut panwas cam sempat mengklarifikasi ke caleg tersebut, dan ternyata kegiatan tersebut tidak ada pemberitahuan ke pihak keamanan dalam hal ini polsek setempat.

“Dari tidak adanya pemberitahuan ke pihak keamanan saja sudah melanggar aturan main mas, apalagi tadi teman-teman panwas lainnya juga sudah mendengarkan dan merekam apa yang disampaikan oleh caleg ke khalayak,” tegasnya.

Ditambahkan pula bahwa panwas cam sudah bertindak secara normatif menegur dan memberikan peringatan kepada caleg tersebut, serta meminta untuk menghentikan kegiatannya.

“Ke depan ini juga bisa menjadi pelajaran bagi caleg atau partai yang mau mengadakan kegiatan sehubungan dengan kampanye atau yang berkaitan dengan pemilu, agar mengikuti aturan-aturan yang sudah ada. Jadi tidak ada alasan tidak tahu, ” pungkasnya. (hp)

Pos ini dipublikasikan di daerah, Pemalang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s