Pesta Miras berujung Maut

Rekontruksi Pembunuhan di Sungai Leis desa sungapan Pemalang (foto:dok humas polres)

Rekontruksi Pembunuhan di Sungai Leis desa sungapan Pemalang (foto:dok humas polres)

Pemalang (Reportase) – Akibat minuman keras, 2 kelompok bersitegang dan saling serang, sehingga menyebabkan 1 korban meninggal tenggelam di sungai. Kejadian ini terekam dalam rekontruksi pembunuhan terhadap korban Febri Senja Laksana oleh tersangka Mahfud Dewa Purnama bin Tahmad dan Untung Fajar Safi’i alias Fajar  bin Wardiman, di Aula Polres Pemalang (Selasa, 7 Januari 2014).

Peristiwa tersebut berawal pada saat sekelompok anak muda diantaranya Mahfud Dewa Purnama (18) pelajar kelas XII SMA Muhamadiyah 1 Pemalang dan Untung Fajar Safi’i (16) pelajar kelas XI SMK Satya Praja Pemalang, keduanya warga desa Sewaka dan teman-temannya sedang nongkrong di atas bendungan sungai Leis di desa Sungapan Pemalang (Minggu, 15/12 2013). Mereka di datangi oleh Mohamad Agus Salim yang bermaksud untuk meminta tambahan membeli minuman keras (jenis brangkal), sekaligus mengajak untuk minum bersama, namun permintaan dan ajakan tersebut ditolak.

Mahfud Dewa Purnama beserta  teman-teamanya menghindar dan menyingkir, berpindah tempat ke sebelah barat di bawah jembatan bendungan sambil bermain kartu, sedangkan Mohamad Agus Salim  kembali ke arah timur bergabung dengan kelompoknya yang sejak awal sedang pesta Miras jenis Brangkal. Beberapa saat kemudian  Mohamad Agus Salim bersama Febri Senja Laksana dan ketiga temannya kembali mendatangi dan mengajak minum miras, yang pada akhirnya Mahfud DewaPurnama  dan teman – temanya ikut bergabung untuk minum miras.

Dalam rekontruksi yang dipimpin Kasat Reskrim AKP Edi Purnama Lilah,S.H.,M.H., terungkap bahwa setelah selesai pesta miras tersebut, Mohamad Agus Salim terlihat bertengkar dengan teman satu kelompoknya. Pada saat  Mahfud Dewa Purnama bermaksud melerainya, dia malah terkena pukulan Mohamad Agus  Salim  tepat dikepalanya. Pemukulan  ini menjadikan Mahfud Dewa Purnama naik pitam dan langsung menarik tangan serta badan Mohamad Agus  Salim serta melemparkannya ke sungai dari atas jembatan bendungan setinggi ± 7m. Mengetahui kejadian tersebut  Febri Senja Laksana tidak terima Mohamad Agus  Salim dilempar kedalam sungai yang pada saat kejadian sedang banjir. Disaat Febri Senja Laksana dan Mahfud Dewa Purnama sedang saling tarik menariktangan dan baju, tersangka Untung Fajar Safi’i  secara spontan langsung menendang mengenai dada, muka dan tangan, sehingga mengakibatkan Febri Senja Laksana terjatuh, yang langsung ditarik dan diangkat oleh Mahfud Dewa Purnama, kemudian dilemparkan ke sungai. Febri Senja Laksana tidak dapat menyelamatkan diri dan tenggelam di sungai Leis dalam kondisi banjir serta meninggal dunia di lokasi kejadian. Sedangkan  Mohamad Agus Salim  mengalami luka-luka lecet pada bagian tangan.

Kapolres Pemalang AKBP Dedi Wiratmo, S.I.K menegaskan bahwa setelah dilakukan pemeriksan terhadap belasan orang saksi, hasil Olah TKP (Tempat Kejadian Perkara) , barang bukti yang ada dan Visum Et Repertum, dapat disimpulkan bahwa telah terjadi peristiwa kekerasan secara bersama – sama di muka umum terhadap orang atau barang dan atau penganiayaan berakibat matinya Febri Senja Laksana, yang diduga keras di lakukan oleh Mahfud Dewa Purnama bin Tahmad dan Untung Fajar Safi’i alias Fajar  bin Wardiman, pada hari Minggu tanggal 15 Desember 2013 sekira jam 17.00 Wib di sungai Leis Desa Sungapan Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang. Untuk itu guna mempermudah proses penyidikan dan pengembangan, kedua tersangka di tahan di rutan Polres Pemalang. Dan kepada kedua tersangka dikenakan sangkaan sebagaimana dimaksud dalam Pasal : Primer Pasal 170 KUHP dengan ancaman pidana penjara paling lama 12 (dua belas) tahun,  Subsider Pasal 351 ayat (3) KUHP dengan ancaman pidana penjara paling lama 7 (tujuh) tahun. (hp)

Sumber : Humas Polres Pemalang

Pos ini dipublikasikan di daerah, Hukum, Pemalang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s