Bawa Ganja, Turun Dari Bis Ditangkap Polisi

Kasubbag Humas AKP HARSONO, SH dan Kasat Res Narkoba AKP FAIZAL LISA, SH, bersama Tesangka (foto:humas Polres Pemalang)

Kasubbag Humas AKP HARSONO, SH dan Kasat Res Narkoba AKP FAIZAL LISA, SH, bersama Tesangka (foto:humas Polres Pemalang)

Pemalang (Reportase) – Polres Pemalang berhasil memotong mata rantai peredaran narkoba di wilayah hukum polres Pemalang. Ini dibuktikan dengan tertangkapnya seorang laki-laki yang menyimpan/membawa narkotika jenis ganja oleh Sat Res Narkoba Polres Pemalang. Ichwan Saputra bin Nasirin (28 th) alamat dukuh Siglagah desa Jatirejo Ampelgading, ditangkap dan diamankan anggota Sat Res Narkoba di jalan raya Gandulan desa Kedungbanjar Taman Pemalang (Kamis, 26/12) sekitar pukul 05.45 wib.

Tersangka yang baru turun dari bus jurusan Jakarta tujuan Pekalongan, langsung diamankan oleh petugas. Setelah dilakukan pemeriksaan, dari tangan tersangka ditemukan 2 bungkus daun ganja kering yang disimpan dalam plastik warna hitam. Tersangka dan barang bukti berupa daun ganja kering dibawa ke Mapolres Pemalang untuk penyelidikan lebih lanjut.

Kapolres Pemalang AKBP DEDI WIRATMO, S.I.K. melalui Kasubbag Humas AKP HARSONO, SH didampingi oleh Kasat Res Narkoba AKP FAIZAL LISA, SH menjelaskan, dari pengakuan Ichwan Saputra bahwa barang haram tersebut dibelinya dengan harga Rp. 1.200.000,- (satu juta dua ratus ribu rupiah) dari seseorang dengan inisial B alias PR di Meruya Kebon Jeruk Jakarta Barat,  pada hari Senin tanggal 16 Desember 2013 sekitar jam 11.00 Wib, saat tersangka sedang bekerja sebagai sopir Bus Metro Mini.  Dan menurut pengakuanya barang tersebut untuk dikonsumsi sendiri, karena setelah mengkonsumsinya dapat merasakan dampaknya yaitu bisa fly dan berhalusinasi serta badan terasa enak sehingga nafsu makan bertambah. Saat sisa barang yang telah dikonsumsinya tersebut akan di bawa pulang ke rumah di Pemalang (sisanya tinggal 46,66 Gram), namun telah keburu ditangkap oleh petugas. Ganja tersebut dibeli dengan harga diatas sebanyak 2 (dua) garis dan tiap satu garisnya dibeli seharga Rp 600.000,- (enam ratus ribu rupiah).

Tersangka sekarang ditahan di Rutan Polres Pemalang untuk kelancaran proses penyidikan/pengembangan, karena diduga  telah melakukan perbuatan pidana sesuai Pasal 111 ayat (1) jo. Pasal 127 ayat ( 1 ) huruf a UURI Nomor. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, yaitu “Tanpa hak memiliki, membawa menguasai dan menggunakan Narkotika Golongan 1 ( satu ) Jenis Ganja”, dengan sanksi pidana penjara paling singkat 4 ( empat ) tahun dan paling lama 12 ( dua belas ) tahun dan pidana denda paling sedikit  Rp. 800.000.000.- ( delapan ratus juta rupiah ) dan paling banyak Rp. 8.000.000.000.- ( delapan miliar rupiah ).(*)

sumber : humas Polres Pemalang

editor : Hp

Pos ini dipublikasikan di daerah, Hukum, Pemalang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s