Longsor, 7 Rumah Warga Terancam Longsor

pagePEMALANG – Cuaca yang tidak menentu dan curah hujan yang masih sangat tinggi mengakibatkan beberapa daerah di kabupaten Pemalang mengalami tanah longsor. Salah satunya di desa Jatingarang kecamatan Bodeh kabupaten Pemalang. Ada beberapa rumah yang terletak di dataran tinggi tepat di atas sungai ijuk yang sangat rawan longsor. Hal tersebut dikarenakan tebing di hamparan sungai sudah mulai longsor digerus derasnya arus sungai akhir-akhir ini.
Kepala Desa Jatingarang, Titis Widiastuti melalui Kaur Umum Surono mengatakan, ada 7 rumah warga yang terletak di rt.22 rw.11 dusun Larangan yang saat ini terancam longsor.
“Tanah disini sudah mulai retak dan ambles Mas,” kata Surono sambil menunjukan rumah yang ruang tamunya ambles sekitar 10 cm.
Surono juga menunjukkan tanah kebun yang tadinya rata kini sudah berubah seperti tanah perbukitan, karena beberapa bidang sudah ambles.
Lebih lanjut dijelaskan bahwa pemerintah desa sudah memberikan wacana kepada warga di area tersebut untuk direlokasi ke tempat yang lebih aman. Diperlukan pemikiran yang lebih jauh dan juga peran serta pemerintah kabupaten Pemalang.
Seperti diketahui, Banjir bandang yang terjadi beberapa waktu lalu selain mengakibatkan tanah longsor dan puluhan rumah warga juga  tergenang air setinggi lutut kaki orang dewasa, balai desa Jatingarang pun ikut tergenang air luapan dari sungai ijuk.

 

Pos ini dipublikasikan di daerah, Pemalang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s