Wacana Perubahan Motto Kabupaten Pemalang Mulai Digulirkan

Foto: H. MuktiAgung Wibowo, STWakil Bupati Pemalang

Foto: H. MuktiAgung Wibowo, STWakil Bupati Pemalang

Pemalang (reportase) – Keinginan wakil bupati pemalang Mukti Agung Wibowo, ST untuk mengganti motto kabupaten pemalang dari kota Ikhlas menjadi Kota Berjuang mulai di wacanakan. Menurutnya gerak langkah, dan maju mundurnya sebuah tatanan pemerintah suatu daerah bisa dipengaruhi dengan sebuah motto daerah itu sendiri. Wacana pergantian motto yang di gulirkan langsung oleh wakil bupati ini bukan tanpa alasan. Karena pihaknya menilai bahwa motto dalam sebuah kabupaten atau kota tidak bersifat mutlaq atau baku. Sehingga hal itu menurutnya bisa diganti kalau memang diperlukan.

Labih jauh, Mukti Agung Wibowo menyatakan bahwa motto kabupaten Pemalang sebagai kota “ikhlas” ini sudah kurang relevant lagi dijadikan sebagai motto untuk bersaing dengan kabupaten yang lain. Karena menurutnya inilah saatnya pemalang harus berbenah dan bekerja keras untuk membangun kabupaten yang bisa dikenal lebih luas, bukan hanya nerima keadaan, namun harus berusaha keras untuk maju ke arah yang lebih baik. Namun meskipun begitu pihaknya tetap menghargai dan menghormati para leluhur kabupaten Pemalang yang telah mencetuskan motto kabupaten Pemalang sebagai kota Ikhlas itu.

“Sekarang ini saatnya kita kerja keras, membangun dan bersaing dengan kota atau kabupaten yang lain. Jadi kita memerlukan motivasi dalam diri kita untuk membangun kabupaten Pemalang tercinta ini. Tidak hanya “nerimo ing pandum” atau menerima keadaan dengan ikhlas tanpa melalui proses perjuangan atau kerja keras untuk memajukan kabupaten Pemalang,” jelasnya saat di temui di ruang kerjanya. Pihaknya juga mengaku sudah mempunyai motto untuk kabupaten Pemalang yang baru ini yaitu dengan motto “Berjuang” Bersama Majukan Pemalang.

Selain didasari dengan pembangunan kabupaten Pemalang yang dinilainya masih tertinggal jauh dengan kabupaten atau kota lain, wacana perubahan motto itu juga sebagai bentuk untuk memotivasi masyarakat luas agar upaya kerja keras untuk terus belajar dan berjuang selalu menjadi dasar dalam setiap tatanan kehidupan di masyarakat kabupaten Pemalang. Pihaknya mencontohkan pergantian motto kabupaten Magelang, Solo, dan Semarang yang cukup membawa dampak positif bagi daerah tersebut baik secara infrastuktur maupun index pembangunan manusianya.

“Index Pembangunan Manusia kita juga masih tertinggal dengan urutan ke 35 dari 36 kota atau kabupaten di Jawa Tengah ini. Lalu apakah kita harus menerima dengan rendahnya hal tersebut. Sepertinya kita harus terus berjuang dan berupaya agar IPM di kabupaten kita ini bisa di dongkrak. Dan hal itu tidak bisa dilakukan tanpa kerja keras dan semangat berjuang untuk memajukan Pemalang”, ungkapnya. Pihaknya juga mengaku akan terus menggulirkan wacana ini baik melalui seminar-seminar atau kajian-kajian teknis yang lainnya sebelum nantinya di bahas di tingkat DPRD Pemalang.

Sementara itu, wacana pergantian motto kabupaten Pemalang dari kota “Ikhlas” menjadi kota “Berjuang” mendapat tanggapan dari beberapa kalangan. Agus Febrianto Sekretaris DPD Nasdem Pemalang menilai hal itu sah-sah saja. Namun pergantian motto tersebut diharapkan bisa mereduksi dari apa yang ada di kabupaten Pemalang saat ini. Menurutnya, apapapun nama mottonya jangan sampai meninggalkan substansi dari makna dan arti slogan tersebut. “Semua sah-sah saja, kalau tujuan itu mampu mengexplorasi segala sumber daya alam dan sumber daya manusia di kabupaten pemalang untuk lebih baik lagi kedepan sesuai dengan mottonya”, katanya. (bowo.rep)

sumber : wartapantura.com
Pos ini dipublikasikan di Pemalang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s